Cara Menghilangkan Tanda Tangan Pada Meteran Listrik

Ricosta.idCara Menghilangkan Tanda Tangan Pada Meteran Listrik. Sekarang ini, dalam pemasangan atau berlangganan listrik, biasanya akan mendapatkan meteran pulsa atau meteran prabayar. Dalam hal ini, pengguna harus mengisi token terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan listrik.

Penggunaan meteran listrik prabayar memiliki keuntungan dan kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah ketika token listrik habis, meteran akan berbunyi dan dapat mengganggu tetangga sekitar jika tidak segera diisi ulang.

Kekurangan tersebut juga dapat dijadikan kelebihan, karena meteran listrik prabayar memberikan peringatan saat token akan habis dan membutuhkan pengisian ulang. Selain itu, keuntungannya adalah adanya layar pada meteran yang menampilkan tanda-tanda jika terjadi masalah.

Salah satu tanda yang sudah tidak asing adalah tulisan “Periksa” dan gambar tangan yang muncul pada layar meteran listrik. Pembahasan sebelumnya sudah menyampaikan tentang tulisan “Periksa”, namun pembahasan mengenai gambar tangan pada layar meteran listrik belum dibahas.

Dalam pembahasan kali ini, Ricosta.id akan memberikan informasi tentang cara menghilangkan tanda tangan pada meteran listrik beserta informasi terkait lainnya. Untuk memahami secara detail cara menghilangkan tanda tangan tersebut, mari ikuti pembahasan ini sampai selesai.

Penyebab Gambar Tanda Tangan Pada Meteran Listrik

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai cara menghilangkan tanda tangan, banyak pelanggan listrik yang penasaran tentang penyebab munculnya tanda tangan pada layar meteran. Beberapa hal berikut ini dapat menjadi penyebab munculnya gambar tangan pada meteran listrik:

  • Masalah Injeksi Arus Listrik: Terjadi masalah injeksi pada bagian arus listrik, terutama pada bagian fase atau bagian netral.
  • Konsleting antara Kabel Netral dan Ground: Terjadi konsleting antara kabel netral dan kabel ground, yang mengakibatkan gambar tangan muncul pada layar meteran.
  • Penggunaan Kabel Ground sebagai Netral: Banyak pelanggan listrik tidak menyadari bahwa instalasi menggunakan kabel ground sebagai pengganti kabel netral.
  • Tegangan Netral yang Melewati Batas: Tegangan pada kabel netral melewati batas pengaturan yang ditentukan, sehingga menyebabkan gambar tangan muncul pada meteran.
  • Induksi Medan Magnet yang Besar: Terjadi induksi medan magnet yang cukup besar di sekitar meteran listrik, yang menyebabkan masalah dan munculnya gambar tangan pada layar.

Sebelum menghilangkan gambar tanda tangan lima jari pada layar meteran listrik, penting untuk mengidentifikasi faktor penyebabnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui penyebab permasalahan, akan memudahkan dalam menentukan cara mengatasi yang tepat.

Dalam kebanyakan kasus, munculnya gambar tanda tangan dan tulisan “periksa” atau “injeksi” pada meteran listrik disertai dengan masalah lain disebabkan oleh kebocoran arus yang menyebabkan konsleting dalam aliran listrik di rumah Anda.

Cara Menghilangkan Tanda Tangan Pada Meteran Listrik

Setelah mengetahui penyebab munculnya tanda tangan pada meteran listrik seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara menghilangkannya atau memperbaikinya. Namun sebelum itu, Anda dapat melakukan pengecekan apakah meteran listrik mengalami error dengan langkah-langkah berikut:

  • Matikan MCB (Miniature Circuit Breaker) pada meteran listrik dengan memposisikan sakelar ke posisi OFF.
  • Tekan tombol angka 44 di meteran listrik, kemudian tekan tombol Enter.
  • Perhatikan angka yang muncul setelah menekan tombol 44. Ini akan menunjukkan besar arus listrik yang terdeteksi.
  • Standar MCB dalam kondisi mati adalah 0.00 A. Jika Anda melihat angka lain setelah pengecekan, itu menandakan adanya kebocoran pada instalasi listrik Anda.
  • Untuk menemukan sumber kebocoran, periksa sub MCB (MCB tambahan) dengan menggunakan tang ampere. Periksa juga kabel yang terhubung ke sub MCB.
  • Jika Anda menemukan bagian instalasi yang bocor, lepaskan kabel tersebut dan lakukan pengecekan kembali seperti yang dijelaskan sebelumnya.
  • Setelah melakukan pengecekan dan memperbaiki kebocoran, tekan tombol 44 pada meteran listrik dan periksa apakah angka amper muncul secara normal.

Dengan mengikuti langkah-langkah untuk menghilangkan tanda tangan pada meteran listrik di atas, Anda dapat menemukan dan memperbaiki titik kebocoran arus yang menjadi penyebabnya. Dengan melakukan perbaikan atau penggantian pada sumber kebocoran tersebut, secara otomatis tanda tangan lima jari pada layar meteran listrik akan hilang.

Tips & Saran Menghilangkan Gambar Tanda Tangan

Berikut ini beberapa tips dan saran untuk menghilangkan tanda tangan saat terjadi kebocoran arus listrik pada meteran. Salah satunya adalah menggunakan kabel SNI yang sesuai standar untuk mencegah kerusakan atau error pada meteran listrik yang digunakan.

Dikarenakan meteran ini dilengkapi dengan sensor-sensor canggih yang mampu mendeteksi masalah, maka akan muncul peringatan pada layar. Dengan adanya peringatan tersebut, penting bagi Anda untuk segera mengatasi atau memperbaikinya.

Sebagai saran, jika Anda merasa kurang yakin dalam memperbaiki kabel-kabel instalasi yang diduga menjadi penyebab kebocoran arus, disarankan untuk meminta bantuan dari ahli. Hal ini bertujuan agar terhindar dari kemungkinan masalah yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Namun, jika tanda tangan muncul di layar meteran listrik akibat masalah lain, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan PLN. Penting untuk tidak membuka segel pada meteran listrik, karena pelanggaran tersebut dapat mengakibatkan denda.

Penutup

Dalam artikel ini, telah dijelaskan beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghilangkan tanda tangan pada meteran listrik. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disampaikan, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

Penting untuk diingat bahwa menghilangkan tanda tangan pada meteran listrik tanpa izin yang sah adalah tindakan ilegal dan melanggar hukum. Jika Anda menghadapi masalah dengan meteran listrik, disarankan untuk menghubungi penyedia layanan listrik atau pihak berwenang terkait untuk mendapatkan bantuan yang tepat.

Tinggalkan komentar